MAMUJU,Ambarnews.com - Dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Biddokkes Polda Sulbar menginisiasi program kolaboratif dengan melibatkan Bhabinkamtibmas sebagai problem solver dalam memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan. 


Program ini diluncurkan dengan tujuan untuk menjembatani kesenjangan layanan kesehatan didaerah terpencil dan memperkuat peran Bhabinkamtibmas dalam komunitas.


Kabid Dokkes Polda Sulbar Kombes Pol dr Effri Susanto mengatakan, Bhabinkamtibmas sebagai representasi kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat, sehingga dapat berperan sebagai problem solver dalam rangka mewujudkan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat


Ia mengatakan, tujuan dari kegiatan ini meningkatkan peran Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan fungsi pelayanan Kepolisian dan meningkatkan nilai manfaat keberadaan RS Bhayangkara Polda Sulbar untuk mendukung Pemda mewujudkan pembangunan kesehatan di wilayah Prov. Sulbar


" Kegiatan ini sebagai tindaklanjut implementasi Kebijakan Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar dalam memperkuat Pemda dalam penanganan stunting," Ujarnya.


Ia menambahkan, adapun aktualisasi peranan bhabinkamtibmas di ke Wilayaan melakukan giat sambang ke masyarakat guna optimalisasi layanan evakuasi medis dengan berkoordinasi dengan di Dokkes Jajaran baik di tingkat PolresTa dan Rumkit Bhayangkari untuk penanganan lanjut.


Selain itu, Bhabinkamtibmas terlibat aktif dalam menggerakan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ke fasilitas Polri dan aktif membawa Balita datang ke Posyandu guna mencegah Stunting.


"Bhabinkamtibmas, sebagai ujung tombak kepolisian yang berada di tengah-tengah masyarakat, memiliki kedekatan dan kepercayaan dari warga. Mereka diharapkan dapat berperan lebih dari sekadar penegak hukum, namun juga sebagai mediator dan fasilitator dalam hal pelayanan kesehatan," Tutup Kabid Dokkes Polda Sulbar Kombes Pol dr Effri Susanto.